META name="keyword" content="keyword, social media, blog, group, forum, mencari uang, ngeblog, "> Ilyas_Ahkab: Siklus Dalam Menjalankan Bisnis Online

Saturday, November 15, 2008

Siklus Dalam Menjalankan Bisnis Online

Siklus dalam menjalankan bisnis online

1.Target Market
Hal yang utama harus kita pikirkan adalah mentukan target market kita ini siapa. Apakah untuk kelompok usia tertentu, hobby tertentu, professi tertentu, adat tertentu, suasana tertentu dsb. Sebab setiap target yang kita bidik tentu saja akan menentukan langkah=langkah berikutnya dalam menjalankan bisnis online ini. Tentukanlah ide bisnis yang menarik sesuai dengan target market itu.

2.Ide Bisnis
Ide Bisnis dan Target Market adalah hal yang berhubungan. Ketika kita menetukan suatu target market, maka ide bisnis di balik target itu sudah akan terbayangkan.

3.Pilih Produk/Jasa
Setelah kita menentukan target dan ide maka kita memilih produk atau jasa yang akan kita jadikan obyek dagangan kita. Kita tidak harus membuat barang tersebut, kita cukup menjadi penghubung dalam hal ini, dan kita mendapat pembayaran komisi dari setiap penjualan yang kita lakukan. Bisnis seperti ini disebut bisnis affilate/ associate.
Dalam hal bisnis jasa, misalnya periklanan, juga kita tidak harus membuat dan mencari pengiklan nya. Cukuplah kita sediakan ruang untuk pasang iklan dan kita mendapat bayaran dari setiap iklan yang diklik orang di situs kita.

4.Pilih Domain/ Hosting
Setelah kita menetukan ketiga hal tersebut di atas lalu kita mentukan domain. Domain adalah nama situs kita. Sedangkan Hosting adalah lembaga yang meng”online”kan kita. Biasa perusahaan penyedia dan domain dan hosting itu adalh satu perusahaan. Kita membeli dulu domain, baru nanti sewa hosting nya.


5.Buat Website/ Blog
Jika kita memang akan membuat website ataupun blog berbayar, maka langkah ke 4 di atas harus kita lalui, tapi jika kita akan membuat blog yang tidak berbayar, langkah no 4 tidak perlu. Pembuatan website bagi pemula (newbie) disarankan memakai MS Frontpage. Sedangkan untuk pemakai blog gratis sebaiknya kita pakai blogspot.com

6.Buat Content/ Naskah
Buatlah naskah (content) untuk website atau blog anda sebanyak-banyaknya dan semanrik mungkin, sertai gambar/image bila perlu. Robot yang melakukan crawling dari search engine akan menyukai website atau blog dengan isi yang konsisten dan diperbarui. Khusus untuk anda yang akan memasang adsense, maka content harus berbahasa Inggris.


7.Promosi
Setelah website/blog kita selesai dikerjakan dan sudah “onlie” disertai iklan atau affiliate yang kita pilih, maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan website/ blog kita. Promosi bisa offline dan bisa juga online dengan berbgi cara.

No comments: