META name="keyword" content="keyword, social media, blog, group, forum, mencari uang, ngeblog, "> Ilyas_Ahkab: Monetisasi Blog

Friday, December 26, 2008

Monetisasi Blog

Monetisasi adalah padanan Bahasa Indonesia untuk istilah "monetization" dalam Bahasa Inggeris. Istilah ini berhubungan dengan upaya-upaya mencari duit. Jadi kalau kita rangkai sebagai "monetisasi blog", berarti upaya mencari duit dari blog. Memang kalo mau baca lebih banyak masalh ini bisa lihat di situs2 ini.

Walaupun pada saat membuat posting ini saya sendiri belum memperoleh pemasukan yang siginifikan dari monetisasi blog, namun saya dapat ceritakan upaya monetisasi itu lewat upaya-upaya dalam bisnis online sebagai berikut:
1. menjual produk/ jasa sendiri.
2. menjual produk/jasa orang lain.

Nah, dalam prakteknya, yang saya perhatikan kebanyakan yang dilakukan oleh para blogger adalah menjual produk/ jasa orang lain. Bahkan yang lebih spesifik lagi dan banyak dilakukan oleh para blogger adalah dengan menjual jasa orang lain. Contoh dalam hal ini adalah praktek referral ataupun pay per click dan review. Untuk lebih jelas bisa baca blognya Bang Zalukhu.

Pada referral, kita baru dibayar ketika seorang pengunjung beli produk yang diiklankan di situs kita. Pada pay per click, kita dibayar bila pengunjung mengklik iklan yang dipasang di situs kita.

Berapa besarnya pembayaran??? nah itu nanti kita ceritakan sendiri....

No comments: